Rabu, 08 Oktober 2008

PEGUNUNGAN SALJU PAPUA, KEMBALIKAN NAMA ASLINYA.


By. Pares l.Wenda

Puncak Nemangkawi Ninggok

Nama Puncak Jaya adalah bukan namaku.Nama Puncak Cartenz adalah bukan namaku.
Namaku yang sesungguhnya yang diberikan oleh tuanku adalah Nemangkawi Ninggok. Namaku ini mempunyai arti yaitu Puncak Panah Berwarnah Putih. Kal Muller Mengatakan:

“Selain nama puncak jaya, puncak tersebut juga dikenal sebagai puncak cartenz sebenarnya, nama Nemangkawi Ninggok lah yang paling pantas disandang oleh puncak ini karena nama inilah yang diberikan oleh orang-orang Amungme, yang merupakan pemilik ulayat tanah tempat puncak ini berdiri. (lihat:Kal Muller 2008:96)

Atau orang Lani menyebutnya Pur Ndugu-Ndugu Kwe-kwe (Gunung yang mendekati langit).

Puncak Pirik Lingginik

Nama Puncak Wilhelmina juga bukan namaku, nama Puncak Trikora juga bukan namaku. Namun namaku yang asli adalah Pur Pirik Lingginik artinya gunung yang setiap hari membesar dan meninggi. Apa arti puncak cartenz, puncak jaya, puncak Wilhelmina dan puncak trikora, sama sekali tidak mengandung makna dan arti apa-apa. Kecuali ia mengandung makna penjajahan dan kolonisasi dan ekspenditorisasi. Kembalikan namaku.Karena aku tidak pergi ke Jawa mengantikan nama gunung semeru menjadi gunung Pirik Lingginik, atau gunung Himalaya menjadi gunung Nemangkawi.

Tidak ada komentar: