Jumat, 03 Oktober 2008

Teman SMP-Ku Suwoto

Waktu itu saya sangat lugu, saya tidak mengerti, Suwoto berkata kepada saya bahwa Indonesia menjajah bangsa Irian Jaya (Papua). Ingatan saya segar sekali, saya sangat mengingatnya. Dia adalah teman saya yang baik, dia anak yang cukup cerdas. Anak transmigrasi Arso II itu, mengatakan kepada saya demikian.

Waktu saya sekaloh di salah satu SMA di Jayapura, pada tahun 1996 baru saya sadar bahwa apa arti dari kata Suwoto kepada saya. Ketika itu Mayat Tokoh pejuang Papua Merdeka Bapak Wanggay di bawah dari Jawa dan mahasiswa Uncen dan seluruh rakyat Papua marah atas kematiannya.

Ketika saya datang ke Jawa mereka mengatakan kepada saya bahwa Kamu itu KETEK, IRING yang artinya orang Papua itu hitam dan seperti kera/monyet.
Ketika saya datang ke Menado, mereka mengatakan kepada saya, bahwa pisang ada lewat. Artinya Kera memang makanannya Pisang.
Ketika saya ada di Ujung Padang Maksar juga tidak kalah sapaanya terhadap orang Papua.
Sementara apa yang orang Papua ketakan kepada mereka ketika mereka ada di Papua???????

Sampai hari ini, dengan berbagai peeristiwa yang terjadi, maka saya sadar bahwa tidak salah apa yang teman saya Suwoto mengatakan kepadaku bahwa kami sedang menjajah kamu (bangsa Papua). Dalam kesadaran yang penuh (100%) saya menjalani hidup bahwa bangsa Papua memang sedang di Jajah oleh bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar: